Jangan Remehkan Waterproofing Karena Beragam Manfaat Berikut Akan Anda Dapatkan!

Jangan Remehkan Waterproofing Karena Beragam Manfaat Berikut Akan Anda Dapatkan!

Sesuai namanya, proses waterproofing merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan pada pelapisan bangunan atau beton agar memiliki ketahanan yang baik terhadap air. Dalam membangun gedung, proses ini sangat penting demi menjaganya dari rembesan air yang berasal dari hujan atau kondisi yang lembab. Bagi mereka yang enggan melakukan proses pelapisan waterproof dalam bangunan, sama hal nya dengan membiarkan dinding mengalami kerapuhan secara perlahan.

5 Manfaat Waterproofing Pada Bangunan

Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh jika melakukan proses pelapisan pada bangunan khususnya yang terbuat dari beton. Manfaat ini tidak hanya menguntungkan bangunan, namun tentu memberi kenyamanan pada pemilik dan penghuninya, diantaranya.

1. Meningkatkan Daya Tahan Beton

Beragam Manfaat Waterproofing

Proses pelapisan bangunan  dengan bahan tahan air akan membuat kekuatan beton yang menjadi komponen utamanya tidak mudah rapuh. Hal ini disebabkan karena air yang bersentuhan langsung dengan bangunan akan dihalau sehingga tidak sampai merusak strukturnya.

Jika air sampai masuk kedalam struktur beton, maka sifat lembab nya bisa mengundang berbagai jamur bersarang di dalamnya, akibatnya daya tahan beton akan berkurang, sehingga perlahan retak dimakan jamur. Dampak terburuk nya beton bisa roboh sehingga membahayakan orang di bawahnya.

2. Mengantisipasi Terjadinya Kebocoran

Beragam Manfaat Waterproofing

Manfaat selanjutnya yang akan diperoleh jika melakukan proses pelapisan waterproof dalam pembangunan adalah bisa aman dari kebocoran. Fungsi ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membangun gedung atau rumah di daerah yang lembab seperti area yang bercurah hujan tinggi, pegunungan atau pesisir pantai.

Selain itu, basement pada gedung pencakar langit juga menjadi bangunan yang membutuhkan lapisan waterproof. Hal ini disebabkan karena tanah menjadi tempat penyimpanan air sekaligus penyangga beban bangunan yang ada di atasnya.

3. Hemat Biaya Perbaikan

Beragam Manfaat Waterproofing

Banyak orang yang enggan melakukan proses pelapisan bahan kedap air pada rumahnya dengan alasan ingin menghemat biaya pembangunan. Padahal jika tidak melakukan proses ini, rumah akan mudah bocor akibat hujan, dan harus dilakukan perbaikan.

Tentu biaya perbaikan yang dilakukan berulang kali, jika diakumulasikan akan sangat mahal dan menguras keuangan. Maka melakukan proses pelapisan bahan waterproof tidak termasuk pemborosan, justru menghemat biaya di masa yang akan datang.

4. Meningkatkan Kualitas Bangunan

Beragam Manfaat Waterproofing

Semakin kuat struktur bangunan, maka semakin diminati banyak orang jika di jual, walaupun dengan harga yang mahal. Oleh sebab itu, bagi yang berkeinginan membangun rumah, untuk dijual dalam waktu tertentu, maka harus melakukan proses waterproofing.

Dengan demikian, rumah akan memiliki kualitas yang baik dan menarik minat pembeli. Selain itu, anda bisa menjualnya dengan santai karena bangunan akan tetap berdiri kokoh dalam waktu yang lama hingga ada orang yang membelinya.

5. Aman Ditinggali dalam Waktu yang Lama

Beragam Manfaat Waterproofing

Manfaat lainnya yang akan diperoleh jika bangunan dilapisi dengan bahan anti air adalah memiliki tingkat keamanan yang sangat baik. Hal ini bisa dimanfaatkan bagi anda yang ingin memiliki rumah dengan desain yang sama dalam waktu yang lama tanpa harus melakukan renovasi.

Tidak perlu khawatir bangunan menjadi roboh sewaktu-waktu karena strukturnya tidak mudah rapuh dan ditembus air walaupun cuaca ekstrem. Penghuni yang ada di dalamnya juga bisa bernostalgia dengan masa lalu, karena bangunan tetap utuh sejak awal dibangun hingga pemiliknya tua.

Demikianlah beragam manfaat yang sangat menguntungkan anda jika tidak perhitungan dalam melakukan proses pelapisan beton dengan bahan kedap air. Oleh sebab itu, proses ini tidak bisa diremehkan, bahkan menjadi kebutuhan wajib bangunan. Jika masih ragu menggunakannya, anda bisa membuktikan dengan melihat banyaknya bangunan kokoh di sekitar yang semuanya dibangun dengan proses waterproofing.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *