Jenis Cutter Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

Jenis Cutter Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

Cutter merupakan salah satu jenis pisau yang digunakan untuk memotong berbagai jenis benda. Peran pisau ini sangat penting dan dekat dengan kehidupan kita dari mulai sekolah hingga kantor. Pisau ini memiliki banyak jenis tergantung kegunaannya.

Secara fisik pisau ini terbagi ke dalam dua bagian yaitu bilah pisau yang dapat dimasukkan dan dikeluarkan dan gagang atau pegangan pisau. Bilah pisau terbuat dari logam tipis yang sangat tajam atau disebut bagian mata pisau. Pisau cutter berbeda dengan pisau pada umumnya karena memiliki bilah yang lebih tipis dibandingkan dengan pisau lain.

Jenis Cutter Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

Pisau yang memiliki bilah tipis ini seperti disebutkan sebelumnya memiliki banyak jenis. Jenis-jenis ini dikelompokkan berdasarkan kegunaan dan fungsinya. Adapun jenis-jenis tersebut di antaranya:

1. Untuk memotong kayu

Fungsi dan Kegunaan Cutter

Pisau jenis ini memiliki mata pisau yang bergerigi seperti gergaji. Cara menggunakannya adalah dengan menggerakkan pisau ini sama seperti Anda menggunakan gergaji. Pisau jenis ini dapat Anda gunakan untuk memotong kardus yang tebal, styrofoam, atau memotong kayu kecil.

2. Untuk pemotong serbaguna

Pisau cutter jenis ini adalah pisau yang sebagaimana sering Anda temui di pasaran. Pisau ini dpat Anda gunakan untuk memotong apapun bahkan dapat Anda gunakan untuk pekerjaan kantor. Hanya saja Anda harus melihat ukurannya terlebih dahulu. Jika Anda butuh memotong benda kecil dan tipis seperti kertas misalnya, Anda dapat menggunakan pisau ukuran 9 mm. Tapi jika Anda hendak memotong benda yang tebal dan besar maka sebaiknya Anda menggunakan pisau ukuran 18 mm dan 25 mm. Ukuran ini bahkan dapat Anda gunakan untuk memotong papan tipis atau lembaran gypsum.

Pisau jenis ini terdapat garis-garis di setiap badannya yang dapat Anda potong jika ujung mata pisau Anda sudah tumpul.

3. Untuk pekerjaan detail

Fungsi dan Kegunaan Cutter

Pisau ini pada dasarnya sama dengan pisau pada poin kedua. Hanya saja pisau jenis ini dibuat dengan ukuran yang sangat kecil dan pipih yang dapat memotong hingga sudut 30 derajat. Pisau ini sangat tajam sehingga pekerjaan detail Anda dapat diselesaikan dengan baik.

4. Untuk memotong kain

Fungsi dan Kegunaan Cutter

Secara bentuk, cutter ini berbeda dengan cutter jenis lainnya karena pisau yang digunakan adalah pisau rotary atau pisau yang melingkar sehingga dapat memutar mengikuti arah potongan. Pisau ini akan memudahkan Anda memotong kain dengan rapi, lengkungan yang halus serta mendapatkan sisi yang sempurna.

5. Untuk pekerjaan perforasi

Fungsi dan Kegunaan Cutter

Pisau ini juga memiliki bentu yang melingkar hanya saja dengan mata pisau yang tidak rata. Pisau ini umumnya digunakan untuk kertas tiket, buku catatan, dan masih banyak lagi.

6. Untuk memotong lingkaran

Fungsi dan Kegunaan Cutter

Pisau jenis ini juga memiliki bentuk yang melingkar, hanya saja dilengkapi dengan teknologi kompas pemotong di mana fungsinya dapat membantu menciptakan lingkaran yang sempurna. Pisau jenis ini dapat Anda gunakan untuk memotong kertas, kain, styrofoam, dan benda-benda serupa lainnya.

Itulah jenis-jenis cutter berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Secara umum pisau ini dilengkapi dengan teknologi lock di mana dapat dilonggarkan untuk memasukkan pisau ke dalam pegangan dan dikunci untuk menahan pisau agar kuat saat digunakan. teknologi lock ini harus Anda optimalkan dengan baik agar Anda tetap nyaman menggunakannya dan tidak terluka karenanya. Pisau cutter ini tersedia di temtera.com dengan harga yang beragam tergantung jenis yang Anda inginkan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *