Ini Loh Efek Buruk Pada Lantai Yang Tidak Diaplikasikan Floor Hardener

Ini Loh Efek Buruk Pada Lantai Yang Tidak Diaplikasikan Floor Hardener

Proses memperkeras permukaan lantai dengan bubuk seringkali dianggap hanya untuk kepentingan estetika semata. Anggapan ini membuat sebagian orang enggan menggunakan bubuk hardener dan dianggap hanya tindakan pemborosan. Mereka tidak menyadari banyaknya efek negatif yang akan terjadi pada lantai tanpa aplikasi floor hardener

4 Dampak Buruk Lantai Tanpa Aplikasi Hardener

Banyak hal buruk yang akan terjadi pada lantai jika permukaannya tidak ditaburi oleh bubuk hardener. Namun secara umum, ada empat hal mengerikan yang akan terjadi jika lantai beton dibiarkan begitu saja tanpa hardener, diantaranya:

1. Rentan Retak

Keretakan pada lantai beton di beberapa tempat tidak hanya disebabkan oleh beban berat yang melintas di atasnya. Namun cuaca ekstrem, dan paparan sinar matahari yang sangat menyengat juga bisa merusak struktur lantai dan membuatnya keropos.

Oleh sebab itu, permukaannya harus dilapisi dengan bubuk lantai floor hardener yang bisa menjadi pelindung beton dari sentuhan cuaca buruk. Jika penggunaan hardener ini diabaikan, maka usia lantai beton tidak akan bertahan lama, karena keretakan kecil akibat terpapar sinar matahari bisa merembet menjadi kerusakan yang besar.

2. Lantai Mudah Ambles

Lantai Ambles

Kejadian lantai yang ambles pada bangunan tertentu, seperti daerah pergudangan seringkali terjadi akibat mobil pengangkut barang yang terlalu sering berlalu lalang di atasnya. Awalnya hanya berupa retakan kecil yang terlihat remeh dan tidak perlu perlakuan khusus. Namun semakin lama, keretakan ini akan semakin membesar, dan akhirnya amblas, serta tidak bisa dilewati.

Bahaya kerusakan ini, hanya bisa diatasi menggunakan hardener  untuk melapisi beton sebelum digunakan sebagai mobilitas. Kekuatannya yang cukup baik, sangat efektif untuk melindungi struktur beton sehingga tidak mudah runtuh. Selain itu, beton juga terhindar dari kontak langsung terhadap benda yang bisa menggores atau membuat lecet permukaannya.

3. Sulit Dibersihkan

Walaupun terlihat remeh, pada kenyataannya lantai yang sulit dibersihkan menjadi hal buruk yang sangat merusak pemandangan. Selain itu, ia juga menjadi penghambat kecepatan kerja ketika sedang melakukan sterilisasi ruangan karena partikel kotoran terselip pada permukaan lantai..

Jika menggunakan floor hardener maka kondisi buruk ini tidak akan terjadi, sebaliknya tampilan lantai justru terlihat lebih indah dan bersih. Hal ini disebabkan karena permukaan lantai yang dilapisi hardener lebih halus dan mempersulit noda untuk menempel di permukaan.

4. Tidak Bisa Diperindah Dengan Epoxy

Efek negatif terakhir yang akan terjadi pada lantai jika tidak dilapisi menggunakan hardener adalah  warnanya yang sangat monoton akibat tidak bisa dilapisi dengan epoxy lantai. Padahal cat ini sangat menunjang penampilan bangunan karena memiliki beragam warna bahkan motif yang bisa diciptakan.

Kalaupun memaksakan untuk tetap melapisi dengan epoxy lantai, maka bisa dipastikan hasil polesannya sangat buruk dan tidak memiliki daya rekat yang cukup. Hal ini disebabkan karena lapisan lantai beton tidak tertutup secara sempurna dan pori-porinya tidak terbuka sehingga cat epoxy tidak dapat melekat sempurna.

Dengan mengetahui banyaknya hal buruk yang akan terjadi pada lantai, maka penggunaan hardener tidak bisa diremehkan begitu saja. Walaupun harus mengeluarkan tambahan rupiah, namun hasil dari lantai floor hardener akan sangat menguntungkan, karena bisa lebih awet dan terhindar dari hal buruk yang akan terjadi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *