Inilah Langkah-langkah dalam Memasang Epoxy Lantai yang Baik dan Benar

Inilah Langkah-langkah dalam Memasang Epoxy Lantai yang Baik dan Benar

Epoxy lantai saat ini menjadi pilihan yang menarik untuk diterapkan baik di rumah maupun tempat kerja. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa penggunaan bahan epoxy itu sulit. Hal tersebut memang benar karena untuk menghasilkan lantai dengan epoxy yang baik, diperlukan teknik yang benar juga dalam pengaplikasiannya. Meskipun begitu, kamu tidak perlu berkecil hati karena semua hal tentu  bisa dipelajari. Untuk itu, dalam artikel ini akan diinformasikan lebih lanjut mengenai langkah-langkah dalam memasang epoxy pada lantai yang baik dan benar.

Langkah-langkah Memasang Epoxy Lantai

Lankah-langkah Memasang Epoxy Lantai

Memasang epoxy lantai tentu bukan merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan. Akan lebih bijak jika kamu menggunakan jasa epoxy lantai jakarta dari orang yang memang ahli dalam memasang epoxy. Meskipun begitu, kamu sebagai konsumen yang cerdas harus mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam memasang epoxy pada lantai. Hal itu bertujuan agar kamu lebih mengetahui mengenai cara kerjanya dan juga agar terhindar dari penipuan dari pihak aplikator. Untuk itu, inilah cara dalam memasang epoxy pada lantai yang baik dan benar:

Siapkan permukaan terlebih dahulu

Tahap pertama adalah siapkan permukaan lantai terlebih dahulu. Tentunya hal ini bertujuan agar permukaan lantai bisa dilapisi epoxy dengan sempurna. Untuk tahap ini, kami bisa menggunakan metode pengamplasan ataupun grinding. Bersihkan juga permukaan yang memiliki kadar minyak tinggi karena akan mengganggu proses perekatan epoxy.

Bersihkan debu di lantai

Sebaiknya pastikan lantai bebas dari semua debu maupun residu sebelum proses pelapisan car primer dimulai. Hal tersebut bertujuan agar nantinya sama sekali tidak ada benda maupun partikel kecil yang terjebak pada proses coating dan bisa berdampak pada adhesi yang melemah secara signifikan. Dengan terbebasnya lantai dari partikel debu, cat dasar yang digunakan juga sangatlah sedikit. Untuk itu, bersihkan saja menggunakan vacuum cleaner agar debu bisa hilang dengan sempurna.

Pelapisan primer dan filling

Proses pelapisan primer nantinya akan membuat lantai yang kamu miliki bisa bertahan lebih lama dan memiliki umur lebih panjang. Selain itu,adhesi yang terjadi akan lebih baik ke substrat. Cat primer memiliki tujuan sebagai pelapis substratyang bisa menghilangkan risiko adanya gelembung dan gas pada pelapisan epoxy nantinya. Semakin baik proses ini akan berdampak pada semakin hemat penggunaan lapisan pada tahap berikutnya. Pastikan juga lapisan tersebut akan mendapatkan sirkulasi yang ideal.

Buatlah campuran cat epoxy

Pada tahap ini, kamu haris melakukan pencampuran pada 2 komponen utama epoxy. Komponen tersebut adalah resin epoxy dan juga hardener (pengeras). Cara penggunaannya adalah dengan bantuan mixer listrik kemudian aduk selama kurang lebih dua menit. Kamu tidak perlu menghemat komposisi namun usahakan agar tetap ideal. Pencampuran yang tidak tepat akan menghasilkan campuran yang tidak bermutu.

Aplikasikan menggunakan roller

Pada tahap ini kamu perlu menggunakan bantuan dari roller yang  memiliki kualitas baik. Hal tersebut agar roller tidak mudah lepas maupun rontok. Nantinya kamu harus melapisi ulang pada permukaan selama sehari ke depan. Jika pada esok hari terdapat permukaan yang rusak, kamu harus menambalnya terlebih dahulu dengan benar. Untuk permukaan yang tidak rata setelah lapisan pertama, sebaiknya gunakan amplas agar hasilnya bisa rapi. Setelah itu, tunggu hingga lapisan memang sudah kering dengan sempurna. Lakukan proses ini hingga sampai ke proses pelapisan akhir.

Demikianlah artikel singkat mengenai langkah-langkah yang tepat dalam membuat lapisan epoxy. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat lapisan epoxy yang benar. Selamat mencoba!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *