Ini Loh Berbagai Kekurangan dari Plafon Akustik yang Wajib Diketahui!

Ini Loh Berbagai Kekurangan dari Plafon Akustik yang Wajib Diketahui!

Plafon adalah salah satu bagian dari konstruksi yang memiliki peranan yang sangat penting. Tanpa plafon, maka kotoran yang jatuh dari atas genteng akan masuk ke dalam rumah. Selain itu, plafon juga digunakan untuk meredam panas yang masuk sehingga ruangan tetap terasa dingin. Ada banyak jenis plafon, salah satunya adalah plafon akustik.

Apa itu plafon jenis akustik? Plafon ini dibuat dari bahan serat mineral khusus. Sehingga fungsinya bukan hanya melindungi ruangan dari kotoran tetapi juga dari kebisingan. Jika Anda pernah masuk ke dalam studio musik, maka plafon ini pasti akan digunakan. Namun fungsi dari plafon akustik tidak terbatas untuk studio musik saja, plafon ini juga sering digunakan di dalam ruang rumah hingga perkantoran.

4 Kekurangan Pada Plafon Jenis Akustik

Kekurangan dari Plafon Akustik

Apabila dilihat dari keunggulannya, plafon jenis akustik ini sangatlah banyak. Seperti proses pemasangannya yang lebih cepat karena ukuran plafon yang kecil. Memasang plafon akustik cukup menyusunnya saja setelah kerangka selesai dibuat. Berat dari plafon ini lebih ringan jika dibandingkan dengan plafon gypsum bahkan GRC.

Ada kelebihan tentu saja ada kekurangannya. Sebelum Anda menggunakan plafon jenis ini, ketahui dulu apa saja kekurangannya. Dengan begitu akan lebih mudah untuk merawat dan memastikan bahwa memilih plafon ini tidaklah salah. Berikut ini beberapa kekurangan dari plafon jenis akustik yang harus Anda ketahui.

  • Tidak Tahan Air

Kekurangan dari Plafon Akustik

Fungsi utama dari plafon adalah untuk mengatasi air tidak masuk ke dalam ruangan ketika terjadi kebocoran, namun sayangnya plafon ini tidak tahan terhadap air. Jadi jika terjadi kebocoran dari atap dan mengenai plafon maka jamur akan mudah tumbuh. Air akan meresap ke dalam plafon dan inilah yang menjadi penyebab timbulnya jamur. Untuk mengatasi hal ini tentu saja Anda harus menambahkan peredam khusus di bawah atap seperti styrofoam untuk mencegah air mengenai plafon. Jika terjadi kebocoran segeralah untuk memperbaikinya.

  • Pemasangannya harus dengan profesional

Kekurangan dari Plafon Akustik

Pemasangan plafon memang sangat mudah dan cepat tetapi harus menggunakan tenaga profesional. Jasa pemasangan plafon berbahan akustik ini sudah terbiasa dan mengetahui bagaimana pemasangannya yang tepat. Sehingga plafon yang dipasang bisa bertahan lebih lama. Untuk menggunakan jasa ini, tentunya Anda harus mengeluarkan uang lebih. Siapkan dana lebih dan jangan terlalu pas. Hal tersebut dilakukan karena Anda tidak tahu jika terjadi kesulitan dalam pemasangan yang harus mengeluarkan biaya lebih banyak lagi.

  • Harga yang mahal

Pembuatan dari plafon akustik cukup sulit jadi Anda harus mengeluarkan dana yang lebih banyak. Tentunya harga yang mahal akan disesuaikan dengan kualitas produk. Anda harus menghitung dengan tepat sesuai dengan kebutuhannya. Jika Anda memiliki biaya yang mepet, akan lebih baik untuk memilih ruangan tertentu yang menggunakannya. Berbagai ruang yang perlu dipasang plafon jenis yang satu ini adalah ruangan keluarga atau ruang belajar agar terbebas dari suara bising yang masuk maupun keluar.

  • Cukup jarang ditemui

Anda mungkin butuh waktu lama untuk mendapatkan plafon ini. Tidak semua daerah menyediakan plafon dengan pasokan yang cukup. Anda bahkan harus pergi survey ke kota lainnya untuk mendapatkan produk ini. Bahkan jika tidak pada, Anda harus memesan pembuatannya. Produk ini tidak bisa langsung didapatkan begitu saja, jadi perencanaan jumlah, model dan pemasangan bisa membutuhkan waktu lebih dari satu bulan.

Apabila masih ingin menggunakan plafon jenis akustik, maka perhatikan bahwa atap harus bebas kebocoran serta pemesanan plafon harus dilakukan jauh-jauh hari. Itulah seputar kekurangan yang ada pada plafon jenis akustik dan semoga informasi yang telah diberikan bermanfaat.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *