Kelebihan dan Kelemahan Atap Baja Ringan

Kelebihan dan Kelemahan Atap Baja Ringan

Saat ini atap baja ringan sedang diperbincangkan oleh banyak orang karena keunggulan yang dimiliki. Akan tetapi tahukah kalian bahwa atap berbahan baja ringan pun tetap memiliki kelemahan yang dapat membahayakan kita? Jika belum mengetahui apa saja kelemahannya, maka bacalah artikel ini. Pasalnya kami ingin membahas kelemahan yang dimiliki oleh atap bahan baja ringan. Sehingga kalian dapat lebih mempertimbangkan ketika akan membelinya dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kelemahan dari Atap Berbahan Baja Ringan

Rumah merupakan tempat ternyaman untuk berlindung serta beristirahat. Untuk itulah, setiap bahan yang digunakan dalam membangun sebuah rumah harus berkualitas. Sebelum membeli sesuatu, hendaknya teliti dahulu, apakah benda tersebut tepat untuk diaplikasikan atau tidak. Contohnya saja ketika kalian ingin membeli atap baja ringan, maka kalian perlu mengetahui kelemahan serta kelebihan yang dimiliki. Untuk kelemahannya, berikut kami jelaskan:

1. Harga cukup tinggi

Harga atap baja ringan menjadi salah satu kelemahannya. Namun sebenarnya dengan harga yang tinggi ini, kalian dapat memperoleh kualitas baja ringan yang baik. Untuk harga 6 cm-nya mulai dari 30 ribu sampai dengan 120 ribu. Perbedaan harga tersebut akan tergantung dari merk yang kalian pilih nantinya. Harga tersebut pun tidak termasuk kelengkapan seperti kanal, sekrup, reng, aluminium foil dan sebagainya.

2. Mudah terbang karena angin

Atap bahan baja ringan memiliki sifat yang ringan, sehingga akan lebih mudah untuk terbang terbawa angin. Untuk itu proses pemasangannya harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai pemasangannya asal-asalan, karena dapat menyebabkan atap mudah terbawa angin.

3. Tampilan kurang rapih

Jika dilihat seksama, sebenarnya atap berbahan baja ringan ini memiliki tampilan yang kruang menarik. Terlebih jika diaplikasikan pada rumah minimalis. Untuk itu kalian harus melapisi kerangka atapnya menggunakan plafon. Sehingga tampilan sedikit menarik.

Kelebihan dari Atap Berbahan Baja Ringan

Selain memiliki kekurangan, atap atap baja ringan pun memiliki beberapa kelebihan. Di sini kami ingin menjelaskan secara rinci terkait kelebihan yang dimiliki oleh atap berbahan baja ringan. Penasaran? Langsung saja berikut penjelasan dari kami:

1. Mudah dipasang

Baja ringan memang memiliki berat yang sangat ringan. Sehingga dengan sifatnya yang ringan tersebut akan memudahkan kalian untuk memasangnya. Dengan begitu akan menghemat biaya dan waktu. Selain itu rankga dari atap bahan baja ringan memiliki sambungan yang sangat mudah.  Kalian dapat menyambungkannya hanya dengan sekrup, baut besi, dan keeling.

2. Tahan lama

Meskipun memiliki berat yang ringan, namun atap berbahan baja ringan tetap kuat. Pasalnya material yang digunakan tidak mudah berkarat, sehingga tahan dalam menghadapi berbagai cuaca ekstrim. Dengan begitu rumah kalian dapat terlindungi secara maksimal. Untuk kualitas bahannya pun telah disempurnakan, sehingga dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan atap kayu.

3. Mudah untuk disambung

Setiap orang tentu ingin memiliki hunian dengan desain sesuai keinginan. Dengan menggunakan atap berbahan baja ringan, apapun desain yang kalian inginkan pasti dapat terwujud. Pasalnya atap bahan baja ringan ini sangat mudah untuk disambung dan dibentuk.

4. Dapat dijadikan daur ulang

Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa atap berbahan baja ringan ini dapat didaur ulang. Sudah banyak juga orang yang mendaur ulang atap bahan baja ringan dengan cara melelehkannya, kemudian dibentuk kembali menjadi atap yang sesuai dengan model rumah. Itulah sejumlah kelebihan yang menjadikan harga atap baja ringan lebih mahal dibanding atap jenis lainnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *