Tips Memilih Kusen Berbahan UPVC

Tips Memilih Kusen Berbahan UPVC

Salah satu bahan terbaik untuk membuat kusen adalah UPVC atau unplasticized Poly Vinyl Chloride. Bahan ini sebenarnya merupakan turunan dari plastik. Hanya saja kadar sifat plastiknya direduksi sehingga menghasilkan produk yang tidak lentur dan lebih kuat. Kusen UPVC menjadi primadona bagi mereka yang menginginkan kusen elegan namun tidak terlalu mahal. Nah, bila kamu juga berminat membeli kusen berbahan UPVC dan bingung bagaimana cara memilihnya, mari simak ulasan berbagai tips memilihnya berikut ini!

5 Tips Saat Memilih Kusen Berbahan UPVC

Tips Memilih Kusen Berbahan UPVC

Kusen UPVC dikenal sebagai kusen yang memiliki ketahanan sangat baik. Bahannya anti rayap dan tahan di segala cuaca. Selama dirawat dengan baik, kusen berbahan UPVC akan tetap memberikan kesan elegan pada jendela atau pintu rumah. Makanya, tidak mengherankan bila kusen jenis ini banyak dipakai meskipun harganya lebih mahal dari kusen aluminium. Bila kamu ingin memasang kusen berbahan UPVC di rumah tapi masih tidak tahu bagaimana cara memilih yang terbaik, inilah 5 tips yang bisa kamu lakukan!

1. Perhatikan Besi Penguatnya

Kusen jenis ini tidak100 persen terdiri dari bahan UPVC. Di dalam rongganya ada semacam besi penguat yang berfungsi untuk menambah daya tahan kusen. Besi itulah yang menyebabkan kusen tidak mudah patah atau rusak saat mengalami benturan. Perhatikan besi yang ada di dalam kusen berbahan UPVC saat hendak membelinya. Tanyakan kepada petugas toko apakah besi yang terdapat di dalam kusen tersebut memiliki kualitas yang baik atau tidak. Jangan mudah terkecoh dengan tawaran kusen berbahan UPVC yang harganya jauh di bawah normal kalau tidak ingin mendapatkan kusen dengan besi penguat yang buruk.

2. Kepadatan Kusen

Dengan memegangnya saja kamu bisa merasakan apakah kusen berbahan UPVC yang akan kamu pilih itu berkualutas atau tidak. Tolok ukurnya dari tingkat kepadatan bahannya. Semakin pada bahannya, maka semakin baik kualitasnya. Itu menandakan bahwa kusen berbahan UPVC tidak rapuh. Bila kamu menemukan ada celah kusen yang tidak rapi atau tidak sejajar dengan sisi yang lain, sebaiknya jangan dipilih. Jadi, perhatikan secara detil bobotnya serta pemasangan antar sisinya agar kamu mendapatkan produk kusen berbahan UPVC yang benar-benar bagus.

3. Pemilihan Warna

Soal warna memang tidak bisa dianggap sepele. Apalah artinya bahan yang bagus tapi tidak ditunjang dengan warna yang menarik. Sangat disarankan kamu memilih warna kusen berbahan UPVC yang serasi dengan warna desain rumah. Jangan terlalu mencolok dan juga jangan terlalu samar. Pastikan warnaya benar-benar pas jika nanti dipasang di jendela atau pintu rumah. Ada beberapa pilihan warna yang ada di pasaran. Tentunya, untuk memilih warna sangat bergantung pada selera kamu sendiri.

4. Cari Merk Terbaik

Layaknya produk pada umumnya, ada banyak sekali perusahaan yang memproduksi kusen berbahan UPVC. Itu yang membuat kusen ini punya beragam merk yang berbeda. Bagaimana cara memilih merk yang terbaik? Pastinya dengan menanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman membeli kusen berbahan UPVC atau ke tukang bangunan. Mereka akan memberikan rekomendasi merk yang terbaik. Tapi kamu juga harus ingat, semakin bagus kualitas merknya, maka semakin mahal pula harganya. Jadi, jangan sampai tertipu, ya!

5. Cari Toko Terbaik

Setelah menemukan merk kusen berbahan UPVC yang terbaik, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah mencari toko yang terbaik pula. Jangan segan untuk eminta rekomendasi dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Kualitas toko akan menjamin kualitas produk yang dijual, termasuk kusen berbahan UPVC. Jadi, pastikan kamu mendapatkan barang yang terbaik dari toko atau penjual yang terbaik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *