Yuk Mengenal Istilah dan Fungsi dari Kaca dan Cermin supaya Tidak Salah Kaprah Lagi

Yuk Mengenal Istilah dan Fungsi dari Kaca dan Cermin supaya Tidak Salah Kaprah Lagi

Ternyata, masih banyak orang yang tidak tahu lho apa beda kaca dengan cermin. Apakah anda juga salah satunya? Jika anda salah satu dari orang yang menganggap bahwa kaca dan cermin itu sama, yuk baca artikel kali ini, biar paham dan bisa membedakan apa itu kaca, dan apa itu cermin? Beda utama kaca dan cermin yakni dilihat dari caranya memperlakukan cahaya. Kaya meneruskan cahaya tapi kalau cermin memantulkan cahaya. Sebenarnya kaca dan cermin 100% berbeda, hanya tampaknya saja yang sama, tapi fungsi dan istilahnya sangatlah berbeda.

Mengenal Kaca Secara Benar

Kaca merupakan benda padat yang terdiri dari molekul-molekul yang tersusun rapi sama halnya dengan air karena sebenarnya kaca berasal dari zat cair yang suhunya minus atau super dingin. Karena adanya kohesi dalam zat cair ini, sehingga membuatnya jadi bisa stabil. Molekul-molekul zat cair yang terbentuk secara stabil ini bisa transparan dan tembus pandang karena proses pendinginan yang dilakukan sangat cepat. Nah, kaca sendiri adalah materi yang tembus pandang rapuh dan pastinya mudah pecah, jadi kalau membelinya di toko kaca dan membawanya pulang, harus sangat berhati-hati. Selain tembus pandang, ada jenis kaca yang tidak tembus pandang.

Dalam sebuah ruangan. Kaca dipakai untuk material jendela, pintu, dinding, genteng dan lain sebagainya. Fungsi dari kaca dipasang di bangunan rumah karena untuk meneruskan cahaya matahari ke dalam ruangan rumah. Selain supaya lebih terang karena cahaya matahari menghampiri dan masuk ke rumah, tetapi juga sebagai pengatur siklus udara agar tidak pengap dan jauh dari kata lembab. Apabila anda ingin membuat rumah lebih terang secara alami dan hemat listrik, bisa membeli material kaca di toko kaca Jakarta untuk melengkapi kebutuhan bangunan anda. Jenis kaca juga sangat beragam, diantaranya kaca bening, kaca warna, kaca es, kaca reflektif, kaca tempered, kaca laminated dan masih banyak lagi jenis kaca lainnya yang bisa melengkapi fungsi rumah anda.

Memahami Cermin yang Sangat Berbeda Makna dan fungsinya dari Kaca

Apabila selama ini anda memahami kalau kaca dan cermin adalah sama, berarti pemahaman anda sangat salah. Jika kaca biasa disebut dengan lensa, cermin adalah cermin. Sifatnya mampu memantulkan cahaya, itu sebabnya mengapa yang digunakan untuk melihat diri merupakan cermin, bukan kaca. Cermin selalu memiliki permukaan yang licin dan pastinya mampu memantulkan cahaya dengan sempurna. Cermin sendiri terbagi menjadi tiga.

Pertama adalah cermin datar, hasil pantulannya adalah tegak lurus, sama persis dengan obyek yang dipantulkan. Yang kedua disebut cermin cembung. Sama dengan istilahnya yang cembung, permukaannya tidak datar dan cenderung cembung. Selain itu, cermin cembung hanya bisa membentuk bayangan semu sehingga pantulan obyek terlihat lebih kecil dan menjauh. Selanjutnya ada cermin cekung yang permukaannya cekung dan bersifat untuk mengumpulkan cahaya sehingga bayangan yang dihasilkan lebih besar dari pada obyek aslinya.

Kaca dan Cermin Sangat Berbeda

Setelah membaca penjelasan yang sudah dituliskan di atas, pastinya anda sudah paham kan apa yang dimaksud kaca dan cermin. Dijelaskan bahwa kaca dipakai untuk material bangunan yang sangat membantu untuk memberikan cahaya terang secara natural dan bisa membelinya di toko kaca yang banyak tersedia di berbagai kota. Sedangkan cermin digunakan untuk bercermin dan tidak bisa untuk bahan bangunan sehingga jangan sampai salah ya menggunakan keduanya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *